Vaksin Keempat Efektif Meningkatkan Antibodi dan Imunitas

Indonesiaku.news – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, hasil penelitian menunjukan bahwa vaksinasi keempat atau booster penguat efektif dalam meningkatkan antibodi dan imunitas.

Mendapatkan vaksin secara optimal, kata dia, dapat melindungi diri dari Covid-19, bahkan mencegah kenaikan kasus, selain juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Selain menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M yang ketat, vaksin Covid-19 adalah salah satu upaya pelengkap untuk tidak memberi ruang bagi virus untuk hidup, atau bahkan bermutasi menjadi varian atau subvarian baru,” katanya.

Wiku menjelaskan, pemerintah telah melaksanakan vaksinasi keempat bagi para tenaga kesehatan sebagai salah satu populasi berisiko.

Upaya dosis keempat ini didasarkan dari rata-rata keberlangsungan imunitas dari vaksinasi yaitu 6 bulan pasca disuntikkan vaksinasi ketiga atau booster.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Senin, 1 Agustus 2022, kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 22 kasus, di antaranya Palangka Raya 15 kasus, Kapuas empat kasus, Barito Timur dua kasus, dan Katingan satu kasus.

Pasien sembuh bertambah 60 orang, yakni Palangka Raya 50 orang, Kapuas enam orang, serta empat orang lainnya dari Kotawaringin Timur, Katingan, Sukamara, dan Lamandau. Sedangkan, jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan.

Sumber : borneonews.co.id

Periksa Juga

Sebab Remaja Rentan Perlu Jadi Prioritas Vaksinasi Booster

Indonesiaku.news – Pakar epidemiologi dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, mengatakan remaja rentan harus menjadi …

Tinggalkan Balasan

indonesiaku.news