Vaksin Covid-19 yang Beredar Masih Efektif Hadapi Varian Alfa dan Delta

Indonesiaku.news – Guru Besar Universitas Udayana, I Gusti Ngurah Kade Mahardika menegaskan bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini beredar masih efektif untuk mutasi virus varian of concern, khususnya varian Alfa dan Delta.

“Sampai saat ini, jadi semua varian yang ada, dan varian yang concern, yang dominan yaitu Alfa dan Delta, dari dua varian ini yang ada, masih menunjukkan bahwa vaksin itu efektif,” kata Mahardika, Selasa (22/6/2021).

Mahardika pun menegaskan bahwa vaksin yang saat ini beredar juga terus dipantau. Bahkan, jika ada perubahan dramatis virus Covid-19 tentu akan ditarik vaksin yang telah beredar kemudian diganti bibitnya.

“Tentu dalam uji klinis fase 4 akan selalu dipantau, kalau memang perubahannya dramatis, dan mutasinya dramatis, pasti akan ditarik kalau vaksin yang beredar. Kemudian bibitnya akan diganti segera.” papar Mahardika.

“Jadi sekali lagi, vaksin semuanya dievaluasi, bahkan kalaupun sudah beredar dan kemudian dinilai itu harus segera ditarik dan diganti kit-nya, itu pasti akan dilakukan. Sekali lagi jaminan utama yaitu vaksin ini aman dan efektif,” ucap Mahardika.

Dia meminta masyarakat mendukung program vaksinasi yang diakselerasi oleh pemerintah. “Tentang mutasi ini, sekali lagi vaksinasi memang salah satu pendekatan yang kita harapkan segera. Jadi pemerintah sekarang mengakselerasi program vaksinasi, saya sangat dukung, saya sangat mengharapkan itu terjadi,” katanya.

Mahardika juga meminta agar masyarakat tidak lagi menolak vaksinasi. “Jadi, saya berharap sekali bahwa tidak ada lagi yang menolak, tidak ada lagi kelompok antivaksin, please, mohon, monggo, kalau memang ada panggilan untuk vaksinasi ini, dan semua vaksin ini sudah terbukti aman dan efektif,” katanya.

Sumber : SINDONEWS.com

Periksa Juga

Indonesia Menuju Negara Adidaya Iklim

Indonesiaku.news –  Konferensi iklim dunia PBB atau COP (Conference of Parties atau konferensi negara-negara) ke-26 …

indonesiaku.news