Semarakkan Bulan Pancasila, BPIP Gelar Upacara hingga Aneka Lomba

Indonesiaku.news – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar serangkaian acara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Adapun acara berlangsung dari 1 Juni hingga 18 Agustus 2021.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengajak masyarakat ikut memeriahkan Perayaan Bulan Pancasila ini yang bertema ‘Pancasila dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh’.

“Selain itu, kami mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu hari penuh di tiap instansi dan rumah tepat pada 1 Juni nanti,” ujar Yudian dalam konferensi pers Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Adapun upacara akan digelar secara virtual reality. Dilakukan dua kali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu pukul 8 dan 10 pagi. Presiden Jokowi ikut hadir secara daring dari Istana. Begitu pula para pimpinan di masing masing institusi.

Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi, Tajuddin menambahkan, selain kegiatan upacara, BPIP juga menyiapkan rangkaian acara yang terdiri dari lomba, pagelaran wayang kulit, webinar, dan kegiatan sosialisasi.

“Pertama lomba pembuatan video pendek. Video ini kontennya adalah bentuk dari tindakan-tindakan masyarakat kita yang bertemakan perwujudan nilai Pancasila. Kemudian ada juga lomba ikon Pancasila,” kata Tajudin.

Lebih lanjut, Tajudin mengatakan video pendek yang diperlombakan adalah video dengan muatan konten berupa tindakan-tindakan masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Video pendek tersebut berbasis Instagram dan TikTok. Sementara itu, perlombaan ikon Pancasila yakni BPIP mencari masyarakat yang sudah mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tajudin menambahkan perlombaan tersebut diperuntukkan bagi semua kalangan, termasuk bagi anak usia dini. Menurutnya, alasan anak usia dini dilibatkan dalam ajang perlombaan adalah karena mereka menjadi cikal bakal pembentuk karakter bangsa.

“Kemudian ada lomba kreativitas anak-anak PAUD. Ini kita serahkan ke anak-anak tersebut untuk kreativitas seperti apa yang mereka, tunjukkan yang sesuai tindakan Pancasila,” terangnya.

Selain lomba, BPIP akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dinilai sudah mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi teladan.

“Pemberian penghargaan akan diumumkan pada hari Peringatan Kemerdekaan Indonesia,” kata Tajuddin.

Sumber : news.detik.com

Periksa Juga

Dirjen Dukcapil: Ada 3.904 Lembaga yang Bisa Akses Data Penduduk RI

Indonesiaku.news – Dukcapil Kemendagri sejak lama menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga seperti perbankan dan …

indonesiaku.news