Presiden Jokowi Kukuhkan 3.101 Personel Bela Negara Komponen Cadangan

Indonesiaku.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 3.101 personel pasukan bela negara komponen cadangan (komcad) di Pusdiklatpassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (7/10/2021). Komponen cadangan adalah sebuah pasukan yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil dengan tujuan bela negara.

Mereka mendaftar dan direkrut dari sejumlah komando daerah militer (kodam) dan Universitas Pertahanan (Unhan). Setelah melewati seleksi ketat, sebanyak 3.101 taruna bela negara komcad lolos dan dilatih khusus untuk mahir dalam kemampuan militer di Pusdiklat Passus Batujajar. Setelah menjalani pendidikan layaknya TNI mereka ditetapkan hari ini oleh Presiden Jokowi.

Didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Presiden Jokowi memeriksa pasukan komcad dengan kendaraan taktis (rantis) di lapangan upacara Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus).

Setelah pengukuhan, ribuan personel komcad ini kembali ke profesi masing masing sebagai warga sipil. Meski begitu, Presiden mengingatkan personel komcad untuk selalu siap dipanggil jika negara membutuhkan, seperti dalam keadaan darurat atau perang sekalipun.

“Setiap warga negara wajib dalam dalam membela keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, anggota komcad ini harus selalu siap dipanggil jika negara dalam keadaan darurat atau perang sekalipun,” kata Presiden.

Selain Menhan Prabowo Subianto, hadir pula dalam upacara pengukuhan pasukan bela negara komcad tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Seusai pengukuhan, sejumlah personel komcad unjuk kemampuan militer di hadapan Presiden dan tamu undangan. Kemampuan mereka tak kalah hebat dari TNI. Salah satu kemampuan yang diperagakan adalah merangkai senjata dengan mata tertutup. Aksi ini membuat presiden dan tamu undangan memberikan aplaus tepuk tangan.

Personel komcad juga mahir menggunakan senjata tradisional untuk menghancurkan lawan secara senyap. Kemudian beladiri dan kemampuan lain.

Sumber : .inews.id

Periksa Juga

Presiden Jokowi: Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Indonesiaku.news – Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Kunjungan …

indonesiaku.news