Jokowi Minta Anak Muda Garap Potensi Ekonomi Hijau

Indonesiaku.news – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia segera bertransformasi menuju ekonomi hijau. Jokowi pun mengharapkan anak muda untuk mau berkontribusi untuk menggarap potensi besar tersebut.

Konsep ekonomi hijau merujuk pada sistem ekonomi yang tidak hanya bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tapi juga mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Menurut Presiden, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan ekonomi hijau yang kini menjadi tren global.

“Kita memiliki potensi besar dalam kembangkan ekonomi hijau. Semua global mengarah kesana. Orang akan semakin melihat Indonesia karena dapat menghasilkan produk-produk hijau,” ujar Jokowi dalam acara CXO Mediaverse yang dipandu oleh Putri Tanjung di Istana Bogor, Sabtu (22/1/2022).

Ada kurang lebih 4.400 sungai yang mengaliri wilayah Indonesia. Itu semua, kata Presiden, merupakan kekuatan tersendiri karena aliran sungai bisa dimanfaatkan untuk menjadi pembangkit listrik.

Belum lagi potensi alam lainnya seperti arus bawah laut dan energi panas bumi atau geothermal yang terbentuk di bawah kerak bumi

“Geothermal (ada potensi) 29.000 megawatt dan baru dipakai 2.000 [megawatt], masih ada 27.000 megawatt lagi,” papar Jokowi.

Itu semua, lanjut Presiden, merupakan potensi yang harus bisa digarap oleh generasi muda Indonesia di masa depan. Karenanya, ia berharap generasi muda mau bekerja keras membekali diri agar bisa menjadi SDM mumpuni yang mampu membawa Indonesia sejahtera melalui ekonomi hijau.

Sumber :  cnbcindonesia.com

Periksa Juga

Berita sepekan, ekonomi RI tumbuh hingga kesuksesan angkutan Lebaran

Indonesiaku.news  – Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti ekonomi Indonesia kuartal I …

indonesiaku.news