Booster Covid-19 Lebih Bisa Melawan Omicron Dibanding Dua Dosis Vaksin Saja

Indonesiaku.news – Sudahkah Anda mendapatkan vaksin booster Covid-19? Jika belum, segera vaksinasi. Sebab, penelitian terbaru menemukan bahwa dosis booster memberi perlindungan terbaik terhadap Omicron.

Tidak hanya Omicron, vaksin Covid-19 dosis ketiga juga dapat melawan semua varian SARS-CoV-2, termasuk yang paling berbahaya.

Sementara dosis dua vaksin Covid-19 hanya menawarkan perlindungan terbatas dan hanya dapat bertahan dalam jangka waktu lebih pendek.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti di Statens Serum Institut, Kopenhagen, Denmark, yang terbit dalam jurnal akses terbuka PLOS Medicine.

Dari hasil temuan, peneliti sangat menyarankan masyarakat untuk mendapat vaksin booster demi mengurangi risiko infeksi Omicron dan rawat inap.

“Vaksin dosis ketiga Covid-19 dapat memberikan perlidungan yang lebih tinggi dan lebih lama terhadap infeksi virus menular dan komplikasi terkait, dibanding dua dosis,” tulis peneliti, dikutip The Health Site.

Ini bukanlah satu-satunya penelitian yang membuktikan bahwa vaksin booster memberi perlindungan terbaik. Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pernah mencatat bahwa dosis ketiga memberi perlindungan sebesar 90 persen terhadap penyakit parah akibat infeksi Omicron.

Bahkan, itu berlaku pada orang dewasa paling rentan yang berusia 65 tahun ke atas.

Namun, dalam penelitian di Denmark ini, peneliti menekankan perlunya studi lanjutan untuk lebih memahami daya tahan dosis vaksin ketiga setelah 120 hari dan apakah diperlukan dosis keempat.

Sumber : suara.com

Periksa Juga

G20 Indonesia bangkitkan peran UMKM dukung pemulihan ekonomi

Indonesiaku.news – Momentum Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin di berbagai …

indonesiaku.news